Cara Membuat Duplikasi PCB Menggunakan Software Design PCB Sprint Layout

Cara Membuat Duplikasi PCB Menggunakan Software Design PCB Sprint Layout


Rangkaian Elektronik
Berawal dari rasa ingin tahu bagaimana cara membuat power supply yang bisa diatur voltasenya tetapi mempunyai sirkuit proteksi terhadap konsleting maka terlebih dulu saya cari referensi dari internet namun setelah dilakukan simulasi menggunakan software design mendapat hasil yang kurang memuaskan. inisiatif, meminjam sebuah rangkain adjustable PSU YH1501A dari seorang teman, kemudian mencatat komponen yang diperlukan, setelah itu memfoto bagian cooper side dari rangkaian tersebut. Nah, Sesuai dengan judul diatas, yaitu Cara Membuat Duplikasi PCB Menggunakan Software Design PCB Sprint Layout maka pada kesempatan kali ini akan saya share caranya adalah sebagai berikut.

1. Ambil foto bagian Cooper Side atau C2 pada rangkaian yang akan diduplikasi.


2. Open with Paint, lalu Crop, kemudian Flip horizontal. setelah itu save.


3. Buka Program Sprint Layout, lalu ubah terlebih dahulu Metric grids menjadi 0,1 mm.


4. Buka menu Extras, lalu pilih scanned copy, load bitmap, (open / load foto yang telah di edit dan disimpan tadi), lalu ok.


5. Pilih Makros sesuai dengan komponen yang terdapat pada rangkaian, lalu samakan posisi penempatan komponen tersebut pada pad PCB. Pastikan semua komponen benar-benar telah lengkap.



6. Dengan teliti, pelan-pelan Buatlah track sesuai jalur pada PCB, jangan sampai ada yang salah jalur maupun miss connect. check sekali dua-kali untuk memastikan track bener2 ok.


7. Lakukan preview dengan memindah side C2 ke S1.


8. Ukur menggunakan Measure, tinggi dan lebar board lalu Ganti ukuran board sesuai pengukuran tadi.






9. Gunakan Photoview untuk melihat preview hasil cetakan PCB.



10. Setelah semuanya selesai jangan lupa untuk menyimpan atau save file layout tersebut. siapkan kertas transfer paper maupun sejenis yang nantinya untuk diprint lalu ditransferkan ke pcb polos. Atur print preview C2 untuk bottom cooper (track/jalur pcb) sedangkan S1 untuk silkscreen-top (komponen atas). option pilih black & white dengan skala perbandingan 1:1. print menggunakan Laser jet, jangan yang lain.


11. Selesai..!

Demikianlah Cara Membuat Duplikasi PCB Menggunakan Software Design PCB Sprint Layout, semoga bermanfaat.

Salam..

4 Responses to "Cara Membuat Duplikasi PCB Menggunakan Software Design PCB Sprint Layout"