Delay OFF Timer Menggunakan Satu Transistor


Delay OFF Timer Menggunakan Satu Transistor



Delay OFF Timer Menggunakan Satu Transistor ini saya buat menggunakan satu transistor tipe NPN yaitu BC547, 1 pcs resistor 10k ohm, 1 pcs elko 10uF/16v, 2 pcs dioda 1N4007, 1 pcs relay 12 volt, serta 1 pcs saklar pencet atau push button. Rangkaian ini saya buat untuk diaplikasikan pada rangkaian Plasma inverter fish shocker, fungsinya untuk mengontrol kipas pendingin agar dapat off secara otomatis ketika saklar ON utama dilepas dengan jeda waktu tertentu.

skema rangkaian tersebut adalah seperti ini



Sedangkan Layoutnya saya buat seperti ini



Kalian bisa juga berkreasi membuat layout sendiri menggunakan software PCB, kali ini saya menggunakan software eagle untuk menggambar skema maupun layout sebuah project rangkaian elektronika, relay menggunakan Normaly Open/NO. jadi ketika saklar dipencet relay akan aktif atau ON. Untuk merubah waktu nyala relay, silahkan merubah nilai elko C4. jika ingin menambah waktu maka nilai C4 dinaikkan begitu sebaliknya jika ingin menurunkan waktu nyala relay maka nilai C4 diturunkan.


Gerber View


TOP View Delay OFF Timer Menggunakan Satu Transistor


BOTTOM View Delay OFF Timer Menggunakan Satu Transistor

Buat yang ingin Etching, mencetak layout PCB seperti layout diatas, saya share Gerber file rangkain ini. silahkan download melalui link dibawah ini.


 Gerber Files Delay OFF Timer Menggunakan Satu Transistor
Download Gerber Files Delay OFF Timer Menggunakan Satu Transistor

Selamat mencoba dan berkreasi, semoga bermanfaat.

Update 15-07-2019:

- Penambahan elko pada input vcc +12v dengan nilai elko sebesar 470uF/16v yang berfungsi sebagai capasitor banking untuk meminimalisir tegangan drop saat kipas menyala. Elko dapat diganti dengan nilai yang lebih besar misal 1000uF/16v.
- Prototype saya buat dengan menggunakan PCB lubang bekas, relay bekas soft start tv tabung, dan komponen bekas lainnya. Dan hasilnya seperti ini,






Prototype tersebut sudah saya uji coba dan bekerja dengan baik seperti video di atas.

Stay creative.. and see.. u next time!

2 Responses to "Delay OFF Timer Menggunakan Satu Transistor"

  1. elco yg 10uf ganti dgn nilai yg lebih besar, dicoba saja dulu nilai berapa sampai didapat waktu yg diinginkan

    BalasHapus